[Hidup Sehat Ala Agan] Makanan Pengganti Daging

Sesuai dengan tema kaskus bulan ini yaitu “Hidup sehat ala agan” ane mau buat thread kesehatan dengan judul “[Hidup Sehat] Makanan Pengganti Daging ” cocok banget nih buat kaskuser vegetarian, diet, atau iseng sayur sayuran , yuk cekibrot bro

Quote:
Susu


wah yang ini pastu minuman agan2 mulai dari kecil kan , yup susu. Susu mengandung 8 gram protein di tiap satu cangkirnya. bagi agan yang alergi susu sapi tenang kok gan ada susu dele yang gizinya juga sama dengan susu sapi (gimana gan lebih enak mana dagingnya atau susunya )


Quote:
Bayam


wah kalo yang satu ini makanan paporit popeye ya gan , si bayam ini jgn disepelih lo gan, teksturnya pun juga sama rasanya dengan daging, jadi buat apalagi yuk langsung dimasak , Dalam satu cangkir bayam terkandung 3 gram protein (gimana gan tambah panjang gk umur ente ) agan bisa masak dengan cara dikukus, rebus atau cah

Quote:
Keju


ane kurang suka gan ama yang satu ini soalny asin kyak di hidung gitu (jangan dibayangin gan) , sapa sih gan yang gk kenal ama yg satu ini keju dari koagulasi susu ini emang penting buat agan, Keju memiliki kandungan protein sebesar 10-30% Saat susu murni digunakan untuk membuat keju, vitamin A dan D yang larut dalam lemak tinggal pada dadih (gimana sehat kgk gan meskipun agak asin ) tpi jangan juga dikosumsi berlebihan ya gan

Quote:
Tempe


wah kalo yang satu ini indonesia banget gan , pasti semua orang orang indo pernah merasakan yang namanya tempe ini mulai dari kismin sampek kaya juga pernah, Bahan makanan dari fermentasi kedelai ini cukup enak dan lezat loh gan kyak daging sapi , Dua kelompok vitamin terdapat pada tempe, yaitu larut air (vitamin B kompleks) dan larut lemak (vitamin A, D, E, dan K). Tempe merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Jenis vitamin yang terkandung dalam tempe antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niasin), vitamin B6 (piridoksin), dan B12 (sianokobalamin).

Quote:
Brokoli


Kalo yang satu ini rasanya kenyal campur gronjal gima gitu gan , ane biasanya nyapurin ke mie instan, Brokoli mengandung 5 gram protein dalam satu cangkir, juga serat, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi lengkap. (gimana agan langsung dimakan juga gk apa2 kok )

Quote:
Kacang – kacangan


yuk ngacang gan (just joke) kenal gk ente sama ini pasti kenal dong , banyak jenis kacang-kacangan loh gan seperti kacang polong, kacang merah, buncis atau kacang panjang mengandung serat dan protein tinggi. Satu cangkir kacang-kacangan mengandung 12-15 gram protein. (gimana gk kalah ama yg laen juga gan)

Quote:
Almond


penah gk ya ane makan ini , Kacang gurih ini rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan protein gan . Selain itu gan, almond juga mengandung serat alami (cocok nih buat yg diet), dapat dikonsumsi mentah atau bahan penambah rasa pada makanan lain. Almond juga mengandung vitamin E ekstra, vitamin B kompleks, dan asam lemak omega-3.

Quote:
Yoghurt


ini juga agak asin gimana gitu ya gan ,ada yang belum tau yogurt , yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. yogurt bisa dikonsumsi langsung, dicampur buah, smoothies, atau bisa jadi tambahan untuk sup dan kari. Yoghurt mengandung energi sebesar 52 kilokalori, protein 3,3 gram, karbohidrat 4 gram, lemak 2,5 gram, kalsium 120 miligram, fosfor 90 miligram, dan zat besi 0 miligram. ( gimana tambah kuat gak agan nanti )

Quote:
Tahu


kalo yang ini sih soulmatenya tempe gan . dan indonesia banget . sedikit mengenai tahu, Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. kalo diluar gk salah namanya tofu . Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang agan)

Quote:
Kacang Kedelai


kalau yang ini sih buat praktek biologi gan , kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. oh iya ane lupa kacang kedelai juga bermanfaat buat jantung ente loh gan Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.

tambahan ya gan

Quote:
Buncis


kalo yang ini panjang panjang kyak apa ya gan , tpi ini enak lo gan, makanan kesukaan ane waktu kecil sedikit tambahan dari wikped ya Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan. buncis memiliki 23 persen
protein, tapi tidak lengkap. Jadi, gabungkan dengan kacang lainnya, nasi, dan beberapa biji wijen ya gan biar sehat

Quote:
Alpukat


yang ini mantap nih gan buat jus Tidak seperti buah pada umumnya, alpukat mengandung protein, karbohidrat, dan omega 6 sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Alpukat mengandung 2 persen protein lengkap. Buah ini juga mengandung serat yang sangat baik untuk penceranaan. Protein dari 15 buah alpukat setara dengan protein satu potong ayam.

Quote:
Kepala eh maap gan Kelapa maksud ane


yang ini sering dibilang degan kalo masih muda gan Kelapa merupakan protein lengkap yang kaya serat. Namun, hati-hati pada lemak yang terkandung pada dagingnya karena termasuk lemak jenuh. (jangan sering sering ya gan) 100 g kelapa (biji) terdiri dari 354 kalori. Sebagian besar ini berasal dari lemak dan protein. daging kelapa memiliki lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain pada umumnya. Kelapa memiliki banyak senyawa bioaktif yang penting untuk kesehatan yang lebih baik.
Daging kelapa dan air-nya mengandung jumlah potasium yang sangat baik. 100 g daging kelapa segar mengandung 356 mg atau 7,5% dari tingkat potasium yang dibutuhkan dalan sehari-hari.

Quote:
Gundam eh salah ketik lagi kamsud ane Gandum


kalo kandungan ini sering yang kita makan teksturnya empuk itu loh gan (roti maksud TS gan)
Gandum hanya mememiliki protein lengkap di bawah 3 persen. Gandum juga kaya betaglucan yang terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol. Gandum juga kaya mangan dan sumber selenium yang baik, serta antioksidan.

Quote:
Ubi


kalo yang ini juga indonesia banget loh gan
Ubi mengandung kalori yang rendah, namun kaya antioksidan seperti betanin yang mengandung sifat antiinflamasi dan meningkatkan fungsi hati. Ubi memiliki 3 persen protein lengkap yang dapat melengkapi protein lainnya. Enam potongan kecil ubi sama dengan satu potong ayam. (wah gimana gan gk usah mahal2 tpi tetep sehat )

Quote:
Nasi merah


kalo yang ini sih ane jarang makan gan , lha wong di daerah ane aja jarang klo yg ini . Nasi merah kaya mineral dan serat yang bagus untuk menurunkan glykemik indeks. Makanan ini mengandung 2,5 persen protein tidak lengkap. Jadi campurkan dengan sumber protein tidak lengkap lainnya untuk membuat asam amino.

karena banyak yang tanya masalah protein hwani dan nabati
sedikit info gan buat protein hewani dan nabati

Quote:

Spoilerfor :

Protein adalah zat makanan yang sangat penting bagi tubuh kita, karena protein merupakan zat makanan pembangun tubuh.
Jika tubuh kita kekurangan protein maka dapat mengakibatkan pertumbuhan badan menjadi terhambat dan juga tubuh menjadi mudah terinfeksi.
Fungsi Protein untuk tubuh adalah :
1. Pertumbuhan sel-sel tubuh
2. Mengganti sel tubuh yang rusak dan mati
3. Mengatur proses di dalam tubuh
Protein yang kita konsumsi dan makan dicerna menjadi asam amino, kemudian didalam tubuh, asam amino diubah kembali menjadi protein sesuai dengan kebutuhan dari tubuh.
Macam atau jenis protein ada 2 yaitu :
1. Protein Hewani
Protein hewani adalah protein yang bersumber dari hewan. Asam amino dalam protein hewani ini lebih lengkap jika dibandingkan daro sumber protein nabati.
2. Protein Nabati
Protein nabati adalah adalah protein yang berasal dari tumbuhan. tetapi untuk protein nabati akan lebih rendah kolestrol dari protein hewani jadi cocok untuk diet.
Protein juga dapat diubah menjadi sumber energi bagi tubuh layaknya Lemak dan Karbohidrat. Dalam satu gram protein menghasilkan 4 kilokalori.
Jadi intinya jangan lupa ya gan asupan protein agan diimbangi aja tpi kalo yg ingin diet atau vegetarian pakai asupan di atas

Quote:
sekian dulu ya gan ada yang mau nambahin silahkan comment ya entar ane taruh di pekiwan, maaf bila terjadi salah ketik gan dan kurang enak di hati gan , semoga bermanfaat buat agan, kalo ada yg ikhlas ngasih ini ane doain sukses dan selamat dunia akhirat ya gan. see you

 

 

3 thoughts on “[Hidup Sehat Ala Agan] Makanan Pengganti Daging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s