Praktek Memuliakan [TAMU]

Siang agan dan aganwati!
Ane lagi mau menyinggung tentang tamu ni gan, tau kan konsep memuliakan tamu???


Pasti semua pernah bertamu atau di datangi oleh tamu entah itu teman, kerabat atau saudara bahkan orang yang gak dikenal sekalipun.
Untuk memuliakan tamu bisa dipraktekkan dengan berbagai cara gan, mulai dari memberi senyuman dan sapaan hangat juga menyajikan makanan juga minuman dan minimal banget tapi tidak mengurangi rasa hormat terhadap tamu adalah segelas air putih untuk sekedar menghilangkan dahaga setelah dari perjalanan, simpel kan tapi bermakna!

Spoilerfor air putih:

 

Spoilerfor cemilan:

 

Spoilerfor minuman segar:

 

Spoilerfor kalo bisa:

Berdasarkan pengalaman ane pribadi selama bertamu atau nerima tamu rata2 yang banyak memuliakan tamu dengan sangat baik itu biasanya kalangan menengah ke bawah gan dan sedikit sekali dari kalangan atas.

Spoilerfor kalangan menengah ke bawah:

 

Spoilerfor kalangan atas:

Ane jabarin deh berdasarkan pengalaman ane pribadi dalam memuliakan tamu dan dimuliakan sebagai tamu ;

– Pertama kalo ane kedatangan tamu apalagi tamunya sodara pasti bela2in ke warung buat beli cemilan ini itu, minuman dingin dsbnya, sampe kadang2 ngutang dulu di warung kalo lagi bokek yg penting bisa memuliakan tamu tanpa harap kembali sedikitpun alias tulus, padahal ane juga jarang bgt nyemil kayak gitu kalo gak ada tamu banyakan puasanya .
Mungkin ada yg bilang maksa banget lo biasa aja sih apa adanya, tapi kan itu budaya juga kebiasaan yg positif gan kita juga kan dapet berkahnya juga kita juga pasti seneng kalo lagi bertamu dijamu kayak gitu .

Spoilerfor warung:

 

Spoilerfor ngutang:

– Kedua saat ane jaman SMA maen kerumah temen ane yg kalangan biasa, pasti semua cemilan keluar gan juga minuman es yg seger sampe2 pas nginep rame2 kita2 ude kayak raja bgt gan di bikinin indomie telor dsbnyaa ama temen ane sendiri yg notabene laki2 tp kadang nyokapnya care bgt nanya ude makan belum kalo belum mau dibikinin ma nyokapnyaa.
Dan saat maen kerumah temen orangnya banyak bin bejibun pasti ujung2nya ngerujak dgn jobdesk masing2, indahnya berkumpul ala indonesia gan

Spoilerfor indomie rebus:

 

Spoilerfor rujakan:

– Ketiga saat ane dulu pernah nyoba jadi sales door to door ke daerah perkampungan, rata2 warga perkampungan di jakarta yg aseli ya gan bukan yg ngontrak atau pendatang musiman itu orang2 yg ramah dan memuliakan tamu walau gak dikenal, setiap ane nawarin produk kesehatan gitu walau gak beli tapi mereka antusias dengerinnya dan terkadang jd dengerin curhat mereka dan tidak lupa cemilan dan es segernya dan ya itu paling sering segelas air putih tp sangat bermakna, sampe2 ane kembung gan satu kampung ane kiterin yaa di setiap rumah ane terpaksa minum buat ngehargain.

Spoilerfor kembung:

– Keempat ini beberapa pengalaman yg rada kurang menerapkan konsep memuliakan tamu ;
1. ane juga pernah jd sales door to door internet ke daerah elit gan, yaa gitu gan jarang nemuin konsep memuliakan tamu walau itu orang baek bgt tp tetep gak disediain apa2 walau segelas air putih pun, malah terkadang ditolak seenaknya atau di curigain sbg penjahat gan, etdaaaahh!! wajar sih banyak modus penjahat kaya gitu sih skrg jd ude gak ada lagi nilai2 memuliakan tamu di kalangan atas.
2. kalo ane maen ke rumah temen ane yg kalangan atas gan, gak ada yg namanya manjain tamu kayak temen ane kalangan bawah, yaa kalo mau minum ambil sendiri atau diambilin pembantunya yg punya rumah gak turun tangan.
3.pengalaman saat ane nemenin temen ane nganterin dagangan jeansnya ke rumah temen nya yg tajir dan cantik nian , pas ane sampe depan rumahnya temen ane nelpon doi supaya keluar terus doi cuma buka pintu rumahnya dan temen ane disuruh masuk dan buka gerbang sendiri pas masuk disuruh duduk di teras luar padahal temen ane temennya, pas ude nerima jeans langsung masuk ke dalem lama bgt mungkin nyobain jeansnya, ane berdua ditinggalin di luar dianggurin celanga celengo sambil bilang kita dicuekin nih ude tenggorokan kering bgt sampe pas doi keluar buat bayar tetep yg diharapkan berupa segelas air putih dingin di genggamannya buyar krn gak dibawa, terus kita positif thingking ajaa mungkin sumurnya lagi kering terus ane berdua pamit pulang dan tetep gan nutup pager sendiri, terus temen ane nyeletuk ; ini namanya tamu mandiri, buka pager sendiri, nutup pager sendiri terus ane ngakak sepanjang perjalanann

Itu semua pengalaman pribadi ane gan, untuk point ke empat bukan maksud untuk nge-judge kalo kalangan atas gak memuliakan tamu dengan sebaik2nya tapi yang ane temuin rata2 gitu gan yaa semoga ane salah. CMIWW
Dan masih lebih baik kita orang Indonesia gan yang terkenal dengan ramah tamahnya ketimbang negara lain, soalnya temen ane yg anak Sastra Belanda bilang kalo orang belanda tuh misal dia ngundang ane ke rumahnya buat makan malam terus ane ngajak temen ane, nah secara otomatis temen ane kan gak diundang so dia gak bakal diajak makan, itu budaya org sono gan tapi entahlah pokoknya CMIIW yak

Semoga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik ya gan supaya hidup berkah bersilaturahmi dan muliakan tamu yak agan- agan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s