9 Lokasi favorit Olahraga SURFING / SELANCAR di BANTEN – dekat dari JAKARTA

[WISATA BAHARI] Mau coba SURFING / SELANCAR dekat Jakarta?
DATANG SAJA KE PANTAI DI BANTEN!


sumber gambar: dok TS pribadi

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi pada Olahraga ini peselancar menunggangi ombak liar.


sumber gambar

SEJARAH
Di awal abad ke-20 berselancar mulai dikenal oleh orang Amerika dan Australia dan komunitas selancar pun terbentuk pada beberapa pantai di AS. Budaya selancar muncul akibat dari naik pamornya olahraga yang kemudian melahirkan gaya hidup tersebut dan tercermin dari berbagai produk, musik, fashion, majalah hingga film-film yang menggambarkan anak pantai yang serba santai. Para sosiolog Amerika pada pertengahan tahun 50-an mencapnya sebagai budaya orang malas. Tetapi di era abad 19 awal olahraga ini mulai digemari oleh kalangan muda, rata-rata kalangan anak muda Eropa, contohnya: Amerika, Meksiko. lebih memilih olah raga ini, sehingga olah raga ini menjadi populer dan lebih mendunia lagi.

Tempat Selancar di Indonesia
Meskipun Indonesia merupakan lokasi yang dapat dikunjungi sepanjang tahun untuk berselancar pemula hingga kelas dunia, namun waktu terbaik untuk melakukan aktivitas tersebut adalah saat musim kemarau (Mei – Oktober).[1] Pada rentang waktu tersebut, gelombang terbesar dan konsisten dapat ditemukan.[1] Beberapa tempat yang sering digunakan untuk berselancar di Indonesia adalah Bukit Peninsula (Bali), Don Don atau Inside Ekas, Desert Point (Lombok), serta Pulau Grajagan (Jawa).[1] DiSumatera, dua tempat yang terkenal dengan ombak besar bagi peselancar mancanegara adalah Nias dan Mentawai.[1]
sumber: wiki

MANFAAT OLAHRAGA SURFING

Spoilerfor Manfaat Surfing:
Indonesia kaya akan pantai yang indah. Jika suatu hari Anda berkesempatan berlibur ke pantai, jangan lupa untuk menikmati surfingatau selancar yang bisa dikatakan olahraga sambil liburan. Manfaat olahraga surfing cukup banyak, tidak hanya bagi fisik tetapi juga psikologis Anda.
Surfing sebagai salah satu jenis olahraga ekstrim bisa dijadikan latihan kardiovaskular. Hampir semua bagian otot tubuh bekerja ketika Anda surfing, mulai dari otot tubuh bagian atas sampai otot-otot kaki. Berikut ini manfaat olahraga surfing yang bisa Anda dapatkan.

  • Surfing memungkinkan otot tubuh untuk terus bergerak sehingga baik untuk membentuk tubuh lebih sempurna.
  • Obat awet muda. Olahraga mampu memperlancar peredaran darah yang salah satu keuntungannya membuat kulit terlihat cerah serta awet muda.
  • Laut juga merupakan sumber revitalisasi energi sehingga ketika Anda berselancar, akan menghirup energi ini terus menerus.Surfing yang dilakukan secara teratur mampu menjadikan Anda tetap prima sampai usia lanjut.
  • Surfing mampu mengurangi stres karena latihan fisik yang menyenangkan membantu Anda mengimbangi efek negatif stres.
  • Sikap lebih santai menghadapi kehidupan pun menjadi efek positif dari surfing.
  • “Mengarungi” ombak satu pantai ke pantai lain, memungkinkan Anda bertemu teman-teman baru.Surfing tidak hanya baik menjaga kesehatan tetapi juga membuat Anda bersosialisasi.

Surfing menjadi olahraga ekstrem dan berat sehingga Anda membutuhkan nutrisi lebih. Diet dengan kadar protein tinggi serta rendah lemak baik bagi Anda penggemar selancar. Pastikan untuk tidak meninggalkan sarapan ketika Anda surfing di pagi hari dan jangan lupa mengonsumsi makanan protein tinggi setelah surfingkarena bisa membantu otot memperbaiki diri.
Jika Anda pemula, pastikan diawasi oleh pelatih berpangalaman. Lengkapi diri dengan perlengkapan surfing yang aman dan selamat menikmati manfaat olahraga surfing.
sumber manfaat

☆☆☆ SURFING DI PANTAI BANTEN, DEKAT DARI JAKARTA ☆☆☆

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa olahraga surfing ini hanya bisa dilakukan atau hanya terdapat di pulau dewata saja, namun dengan perkembangan dunia perselancaran di Indonesia membuat virus surfing ini juga mewabah diseluruh daerah di Indonesia terutama yang memiliki garis pantai dan potensi ombak yang besar. Salah satunya adalah garis pantai barat propinsi Banten yang membujur dari utara hingga selatan, dari Anyer hingga batas propinsi di Sawarna.

Jadi bagi kalian yang tinggal di Jakarta dan tertarik untuk belajar atau sekedar mencoba olahraga ekstrim ini hanya membutuhkan perjalanan 2-3 jam saja menuju pantai barat Banten. Tersedia lokasi-lokasi khusus bagi pemula atau belajar dan juga untuk peselancar yang sudah mahir/profesional. Uniknya olahraga ini sangat bergantung kepada kondisi alam, baik kondisi fisik bentukannya maupun kondisi iklim atau cuaca, jadi tidak semua garis pantai bisa dimanfaatkan ombaknya dan tidak bisa setiap saat pula kita bisa berolahraga surfing ini.

Mari kita kenali lokasi-lokasi mana sajakah yang biasa di gunakan untuk olahraga surfing / selancar disepanjang pesisir barat banten….

Quote:PENUNJUK ARAH

Kurang lebih 2-3 jam perjalanan

Westcoast Banten Surfing Spot

Spoilerfor Carita Surfing Club:
CSC – Carita Surfing Club
Carita Sufing Club merupakan suatu wadah organisasi para peselancar / surfer yang ada di daerah Banten tepatnya di wilayah Pantai Carita – Pandeglang. Organisasi ini mulai dikenal sejak tahun 80′an tetapi dengan nama Carita Local Surfer, Karena saat itu hanya beranggotakan orang lokal saja, dan itupun jumlahnya tidak banyak hanya sekita 10 saja. Hal ini disebabkan sulitnya untuk memperoleh sebuah papan selancar, jadi semua papan yang ada di Pantai Carita saat itu diperoleh dari turis – turis asing yang singgah ke Pantai Carita, dan belum ada toko yang menjual papan selancar di daerah Pulau Jawa. Pada awal tahun90′an, jumlah anggota Carita Lokal Surfer semakin bertambah seiring dengan bayaknya wisatawan asing yang bermain selancar di wilayah Pantai Carita sehingga menarik perhatian penduduk sekitar dan memotivasi mereka bermain selancar sehingga mulai bermunculan surfer – surfer muda yang baru.

Pada tahun 1996 tepatnya bulan September Carita Local Surfer diganti namanya menjadi CSC ( Carita Surfing Club ) seiring dengan mulai majunya perkembangan olah raga surfing di wilayah Carita. Saat itu anggota CSC sudah mencapai 30 orang lebih yang berasal dari berbagai daerah diluar wilayah pantai Carita, tetapi masih berada dalam satu wilayah kabupaten Pandeglang. Saat ini anggota CSC sudah mencapai 60 orang lebih.

CSC sendiri selain aktif didunia surfing juga aktif didunia pariwisata,salah satunya adalah menjadi biro tavel agent / tourit information service yang khusus menangani bernagai trip – trip wisata yang ada di wilayah Banten sehingga banyak para turis dan peselancar mancanegara yang merasa sangat terbantu dengan adanya Carita Surfing Club, karena mereka dapat menikmati wisata yang ada di wilayah Banten dengan bantuan guide dari CSC. Selain itu anggota CSC juga merupakan tim sar ( Life Guard ) yang ada di wilayah Panta Carita yang tugasnya khusus menangani keamanan pantai sehinnga para pengunjung merasa aman dan nyaman saat mereka menikmatiliburandiPantaiCarita.

Jadi bagi anda yang berminat untuk menikmati liburan di wilayah Banten Khususnya Pantai Carita dapat menghubungi Carita Surfing Club untuk membantu memandu trip – trip anda sehingga anda tidak kesulitan dalam mengakses beberapa tempat wisata yang ada di wilayah Banten, terutama wisata bahari dan selancar air / surfing.

1. Pantai Anyer (Bandulu, Pantai Karang Bolong, Pantai Jambu)
Destinasi Pantai Pertama di Utara Banten setelah keluar dari Tol Jakarta – Merak adalah Pantai Anyer… Wisata Bahari yang berbatasan langsung dengn kawasan industri Baja Terbesar se Asia Tenggara.. lokasi wisata ini juga lengkap dengan fasilitas akomodasinya hingga hotel berbintang 5 salah satunya adalah Sol Ellite Marbella. Disekitar hotel itu ada pantai bernama pantai Bandulu yang biasa digunakan untuk olahraga selancar/ surfing. Selain surfing, Bandulu juga mempunyai sebuah Klub Atlet Selancar Angin yang para atletnya sudah berprestasi hingga ke mencanegara. Pantai berpasir putih ini aman untuk surfing namun di akhir pekan harus lebih berhati2 karena mesti berbagi dengan wisatawan lain yang berekreasi dipantai ini.

Spoilerfor surfing anyer:

2. Pulau Sanghyang
Pulau yang terletak diantara Jawa dan Sumatera ini ternyata menyimpan spot Surfing yang juga berkelas. ombaknya yang panjang dan konsisten membuat para peselancar bertaraf mahir selalu ingin mencicipinya. namun sulitnya prediksi ombak dan jarak yang mesti ditempuh menggunakan kapal laut agak menjadi penghalang terutama bagi para peselancar lokal sehingga lebih memanfaatkan spot2 yang tersedia dipesisir pantai barat banten saja.

Spoilerfor surfing sanghyang:

3. Pasauran (Perbatasan Serang & Pandeglang)
Pasauran Point, Salah satu point yang cukup konsisten juga karena tergolong pada jenis reef break, artinya permukaan dasarnya adalah kasur busa, eh maksudnya karang gan hehee… dan spot ini tergolong berbahaya karena karang-karang dibawahnya konon sangat tajam dan power ombaknya cukup kuat untuk “memblender” dan menghempaskan badan sampe digaruk-garuk karang dibawah..hehe sangat tidak disarankan belajaran dimari gann…ombaknya left hander gan..best session pada musim pans / summer

Spoilerfor Surfing PS Point:

4. Pantai Carita
Lippo Carita – SAAD Point, Spot ini adalah basecamp bagi CSC, tergolong pada jenis ‘Beachbreak’ jadi aman kalo jatuh dan kegulung ombak karena permukaan dasarnya adalah kasur spring bed, eh maksudnya pasir gan..hehe (left-right hander)
Best session para seat musim barat (wet session), gelombang yang terus menerus datang tanpa henti dan arah arus yang datang dari tengah ke pinggir pantai terkadang membuat kesulitan untuk menuku point di tengah pantai kecuali agan2 udah “badak” jadi cukup kuat untuk melawan arus menuju tengah dengan duckdive dan paddling

Spoilerfor SAAD Point:
Quote:

5. Tanjung Lesung
Spot ini termasuk favorit bagi surfer lokal carita, ombaknya yang konsisten dan puaaannnjaaangg.. left hander dan tergolong pada jenis spot Reef Break..
Perjalanan ke lokasi dari Carita sekitar 30-40 menit, session terbaik adalah waktu musim panas / summer, high tide dan berharap swell lebih dari 8-10 ft… dasarnya adalah karang yang cukup bagus, jadi kalo lagi nggak ada ombak bisa numpang snoorkling, tapi kondisi ini jadi syarat juga bagi surfer-surfer yang mau turun dsini karena diharapkan tidak malah merusak terumbu karang yang ada dibawahnya… saat kondisi low tide atau surut, agan baru bisa bayangkan kalo jatuh dan kegulung ombak dan kena dasar karang jadinya seperti apa…hehehe, jadi spot ini termasuk ombak yang diperuntukkan bagi yang sudah mahir hingga advance… ga bisa buat belajaran..

Spoilerfor Surfing TL:

6. Ujung Kulon & Pulau Panaitan (National Park)
Untuk menuju lokasi ini memang tidak bisa jalan darat melainkan harus lewat jalur laut menggunakan Kapal yang biasa disewakan oleh nelayan setempat. Lokasi surfing yang satu ini bisa dibilang kebanggaan para surfer Indonesia, karena ombaknya yang sempurna dan berkelas dunia sejajar dengan ombak-ombak di hawai dan tahiti. di pulau ini terdapat banyak sekali spot-spot untuk surfing, diantaranya adalah One Palm Point, Napalm, Pussy, Fork lift, Incicator, dll. namun yang menjadi favorit para peselancar sekaligus yang paling berbahaya adalah One Palm Point. Bahkan para Peselancar Profesional pun memakai full protector hingga Helm khusus untuk berselancar di spot yang satu ini. jadi bagi yang belum berpengalaman jangan sekali-kali coba-coba spot ini kecuali memang mau Suicide.

Spoilerfor Surfing Panaitan:

7. Pulau Deli & Pulau Tinjil (National Park)
Kedua Pulau ini terletak di sebelah selatan Banten, karena letaknya yang terbuka dan menghadap ke Laut Selatan / Samudera Indonesia maka intensitas Ombak pun lebih besar dan lebih sering. Kebanyakan Wisatawan berkunjung ke kedua pulau ini adalah untuk memancing, namun berbeda bagi para pemburu ombak, spot-spot di pulau ini pun terbilang “secret” karena sangat jarang diketahui oleh peselancar pada umumnya, hal itu juga dikarenakan pencapaiannya yang harus melalui jalur laut atau menggunakan kapal.

Spoilerfor Pulau Tinjil:

8. Pantai Kharisma Muara Binuangeun – Malingping
Di Kecamatan Malingping ada beberapa pantai unggulan sebagai destinasi wisata bahari diantaranya adalah Pantai Bagedur, dan Pantai kharisma. Bagi para pehobi olahraga selancar biasanya lokasi yang dituju adalah pantai kharisma. Pantai ini tergolong pada “beachbreak” artinya pantai dengan dasar kasur busa..eh..maksudnya pasir.. tapii..walaupun relatif aman dengan dasar pasir putih yang halus, arus balik di pantai ini cukup kuat sehingga bila tidak waspada dan berhati-hati kita bisa tertarik arus menuju tengah, dan gelombang ombaknya pun tergolong relatif besar karena letaknya yang langsung berhadapan dengan samudera indonesia / pantai selatan. jadi bagi para surfer pemula sebaiknya tetap didampingi pelatih atau teman yang lebih mahir.

Spoilerfor Surfing Binuangeun:

9. Sawarna
Pantai ini memang sudah terkenal sebagai destinasi para penggemar olahraga surfing bahkan hingga ke turis-turis mancanegara. spot sawarna ini tergolong untuk peselancar yang sudah mahir saja, karena reef break dengan dasar karang akan cukup berbahaya bagi peselancar yang masih pemula. Seiring dengan perkembangan wisata di pantai sawarna, penduduk sekitar akhirnya banyak menyediakan fasilitas penginapan “guest house” yang cukup ekonomis, namun karena letak pantainya yang lumayan jauh dari jalan raya dan belum bisa diakses oleh kendaraan roda empat, maka banyak juga tersedia penitipan kendaraan bagi yang berniat untuk berwisata dan menginap di pantai sawarna tersebut.

Spoilerfor Surfing Sawarna:

Sebetulnya masih banyak spot surfing lainnya di Banten…klo ada waktu nanti ane update lagi gan… cheers..

sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/525565f4fbca17dc66000001

3 thoughts on “9 Lokasi favorit Olahraga SURFING / SELANCAR di BANTEN – dekat dari JAKARTA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s